Monday, 29 Apr 2024
Informasi-Tech-Update-Ios-Android-Windows-Dan-Sosmed

Scan Barcode BPOM Tanpa Aplikasi Lebih Praktis.

3 minutes reading
Tuesday, 2 Apr 2024 02:09 0 52 Corey Murray

Halo sobat, ada cara terbaru nih untuk scan barcode BPOM tanpa aplikasi akan lebih praktis dan cepat. kami akan bantu bahas untuk kamu, mari jelajahi disini.

Lembaga pemerintahan BPOM melaksanakan tugas pengawasan dan memastikan berbagai produk makanan serta obat aman beredar di pasaran. Kini scan barcode BPOM tanpa aplikasi memudahkan pengecekan tersebut. Masyarakat dapat melakukan pemeriksaan data secara mandiri sebelum mengkonsumsi makanan dan obat.

Mengenal BPOM dan Mengecek Keaslian Produk.

Berbagai produk pangan serta obat telah dilengkapi QR code. Kode tersebut dapat Anda pindai menggunakan beragam perangkat. Memindai QR Code membutuhkan kamera untuk proses scanning. Konsumen bisa menggunakan aplikasi, namun harus menyediakan ruang penyimpanan.

Lebih praktis lagi, jika mengecek produk tanpa perlu mengunduh aplikasi. BPOM merupakan lembaga yang memiliki peranan utama melakukan pengawasan peredaran makanan serta obat di wilayah Indonesia. Adanya nomor registrasi dari BPOM membuat produk yang beredar aman serta layak konsumsi.

Jika konsumen ingin memverifikasi apakah produk tersebut asli, cek BPOM dengan memindai kode unik jadi solusi praktis.

Cara Scan Barcode BPOM Tanpa Aplikasi.

scan-barcode-bpom-tanpa-aplikasi

Memindai QR Code tanpa bantuan aplikasi lebih memudahkan konsumen. Metode pindai kode unik bisa dilakukan menggunakan:

  1. Website BPOM

Selain BPOM Mobile, konsumen dapat mengunjungi website menggunakan peramban untuk memeriksa. Pemeriksaan didasarkan pada nama, merek atau nomor registrasi sebuah produk. Cara mudah mencari informasi mengenai produk bisa dengan menuliskan mereknya.

Pada kolom pencarian, tulis merek kosmetik atau makanan yang ingin konsumen beli. Kemudian Anda akan mendapatkan informasi produk tersebut sudah terdaftar atau belum.

  1. Memakai Google Assistant.

Scan barcode BPOM tanpa aplikasi selanjutnya menggunakan Google Assistant. Untuk proses pemindaian QR Code, ikuti langkahnya sebagai berikut:

  • Bukalah perangkat Google Assistant pada perangkat, kemudian tap tombol Home.
  • Akan muncul pop up pada layar, kemudian tap Google Lens.
  • Tekan Allow untuk persetujuan.
  • Lanjutkan proses pemindaian.
  • Tunggulah hingga proses usai.
  • Selanjutnya, konsumen dapat mengklik tautan yang muncul setelah proses pemindaian selesai.

Selain itu, konsumen juga dapat menggunakan fitur Scan dari perangkat. Ikuti tutorial scan barcode BPOM tanpa aplikasi, yakni menggunakan alat pemindai bawaan berikut:

  • Setelah membuka perangkat, tarik hingga ke bawah agar muncul pemberitahuan.
  • Pemberitahuan pada perangkat berisi shortcut.
  • Carilah fitur Memindai QR Code.
  • Arahkan perangkat ke kode unik yang tersedia.
  • Tunggu proses pemindaian usai hingga muncul link.
  • Tekan link agar mendapatkan informasinya secara lengkap.
  1. Menggunakan Fitur Kamera.

Untuk memudahkan mengecek data atau informasi mengenai produk kosmetik hingga obat-obatan aman dikonsumsi, aplikasi cek BPOM sangat membantu. Namun, tidak semua ponsel memiliki cukup ruang jika harus mengunduh aplikasi. Kini, lembaga pemerintah ini menghadirkan cara pengecekan tanpa aplikasi yang menguntungkan konsumen.

Berbekal fitur kamera, konsumen bisa scan barcode BPOM tanpa aplikasi di mana saja dengan mengikuti tahapannya sebagai berikut:

  • Siapkan ponsel atau tablet yang sudah tersemat fitur kamera.
  • Kamera tersebut nantinya konsumen gunakan untuk memindai kode unik yang terdapat pada kemasan produk.
  • Fokuskan kamera pada kode unik yang tertera di label BPOM.
  • Tunggulah hingga informasi produk muncul.
  • Konsumen akan mendapatkan informasi lengkap berupa nama, izin edar, dan lainnya.

Jika tidak mendapati informasi produk yang konsumen pindai, maka sebaiknya mengurungkan niat untuk membelinya. Besar kemungkinan produk yang tidak terdaftar mengandung bahan berbahaya serta tak memenuhi standarisasi kesehatan.

Hal tersebut akan menyadarkan setiap konsumen bahwa melakukan pengecekan produk di BPOM sangat krusial. Sebab, pemberian izin dari BPOM mengacu pada peraturan perundang-undangan.

Setiap konsumen sebaiknya tahu bagaimana cara cek scan barcode BPOM tanpa aplikasi secara mandiri. Hal ini demi menjaga produk yang konsumen gunakan sesuai dengan standar kesehatan serta keamanannya terjamin. Terlebih lagi pengecekan QR Code dengan mudah konsumen lakukan melalui perangkat berkamera.

Corey Murray

Hai Pembaca, saya corey murray, saya seorang blogger yang sangat senang bisa membagikan banyak informasi tech update, andorid, dan lain sebagainya. saya baru memulai menulis sejak tahun 2010 hingga sekarang masih terus mengupdate berbagai berita terbaru. ayo ikuti blog saya ini.

LAINNYA